Tuesday, March 18, 2014

Teknik memancing ikan Julung-julung


Oke para mancing mania semua aku coba bagikan pengalamanku tentang mancing ikan kacang-kacangan...biasa sob...klo lagi iseng mancing di bagan sekitar tanjung kait kepulauan seribu yang ikannya hanya kecil2 dan kadang2 juga bikin jengkel karena setiap melempar pancing yang nyangkut udang lagi...udang lagi...alias ga ada ikan yg nowel ataupun nyenggol umpanku...biasanya klo lg ombak besar suka dateng segerombolan ikan kacang2an yang sedang asyik bermain main di permukaan

mungkin bagi yg belum biasa mancing dianggap ngeledek nih ikan...nambah dongkol sebaskom deh...tapi bagi yang tau ini adalah hiburan tersendiri dalam mencari kepuasan dlm memancing...oke langsung saja brot... tehnik dengan model rangkaian biasa yang dimodif sedikit. Rangkaiannya : timah, pelampung, stopper, kail, stopper, pelampung, swivel. Pemakaian timah di depan cukup yang ukuran kecil saja karena hanya untuk stabilizer sekaligus pemberat agar mudah melempar ke spot yang agak jauh.klo ga bawa rakitan aku biasa pake lilin sebagai pelampungnya . atau bisa juga pake bambu bagan yang kecil klo darurat..bilang sama yg punya bagan tapinya... ikan kacang2 mainnya di tengah dan bergerombol dipermukaan,neh ane kasih sedikit trik nye yeh: -beli pelampung yg berbentuk seperti botol ukuran yg besar, (bahannya dari kayu)cari yg paling besar,pasaknya di ganti pakai mata kail yg besar,biar kuat kalau dilempar jauh.. -lubangi samping pelampungnya hingga tembus,kira2 3-4 cm dari pasak pelampungnya -rautlah sebilah bambu,dengan diameter bisa masuk kedalam lubang tadi,potong bambunya kira2,15 kanan 15 cm kiri,bambunya kalau bisa permanen tidak bisa bergeser kekiri dan kekanan,di lem power glue kalau bisa -bagian ujung pelampung satunya lagi(yg tidak ada pasaknya)tancap juga mata kail besar yg sdh diluruskan sama dgn pasak tadi,jadi sebuah lobang (loop) -ikat kan tali pancing ukuran kecil(6-8 lbs) pada kedua ujung bambu dan ujung pelampung tadi,dgn masing2 panjangnya 10 cm,mata kail kecil ukuran ikan mujair..

 nah jadilah kapal-kapalan dgn 3 mata kail, 2 diujung bambu dan 1 pada ujung pelampung,ikat tali main line pada pasak pelampung...siap digunakan deh..tinggal lempar ke spot tempat ikan kacang2 pada kumpul, pergunakan umpan cacing laut atau udang rebon atau potongan udang segede nasi ( *upo*)...selamat mencoba lumayan lah daripada lumanyun di bagan..ha.ha.ha..oya sob ikan kacang2an ini terkenal gurih banget dagingnya...dan paling enak ngebersihinnya sebelum dimasak atau digoreng...nanti sambunglagi dengan tip dan trik mancing yang lainnya...salam copaser ...dan striker...keer...keer...keer... Thanks untuk bapak jalil yg telah banyak membantu saya dalam hal mancing memancing.

sumber: http://gawink26.mywapblog.com/trik-mancing-ikan-julung-julung-kacang-k.xhtml

0 komentar: